Dedie Rachim Dibuat Terkagum Saat Mendatangi Kantor KPP Pratama

  • Whatsapp
wakil walikota sedang mendatangi kantor kpp

sanga.id- Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim sempat dibuat kagum saat mengunjungi bangunan cagar budaya yang berada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bogor di Jalan Ir.H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (9/6/2021). Pasalnya selain diisi berbagai fasilitas pelayanan, bangunan cagar budaya yang belum lama  diresmikan itu juga berisikan nilai historikal tinggi.

Saat memasuki gedung, Dedie disuguhi oleh beberapa lukisan yang merupakan karya dari maestro pelukis Raden Saleh Sjarif Boestaman atau yang familiar disapa Raden Saleh.
“Kita memberikan apresiasi kepada KPP Pratama Kota Bogor, yang secara khusus mengalokasikan sebuah zona yang berada di wilayah pelayanan untuk dibuat semacam galery karya dari seorang maestro pelukis Indonesia Raden Saleh,” ucap Wakil Walikota Bogor Dedie Rachim disela – sela kunjungannya.
Karya dahsyat milik Raden Saleh tersebut sambung Dedie dirasa pas ditampilkan di KPP Pratama Kota Bogor. Secara historikal karena KPP Pratama Kota Bogor dibangun sebagai kantor kesekretariatan negara pada zaman kolonial. Selain itu sejarah juga mencatat bahwa Raden Saleh sempat mendiami kantor tersebut bersama sang istri. Dan juga membuat karya berupa lukisan – lukisan realis yang menjadi karakternya.
“Jadi ada kaitan antara KPP Pratama, Raden Saleh dan Kota Bogor. Dengan adanya galeri ini, kita juga diingatkan bahwa karya – karya besar beliau yang sangat konsen terhadap keindahan alam atau hewan,”ujar Dedie seraya menambahkan bahwa kesenian tinggi ini diharapkan bisa memicu generasi muda tentang kiprah beliau. Dan ternyata beliau meninggal dan dimakamkan di Kota Bogor,”imbuhnya.
Selain melihat karya – karya Raden Saleh di galeri, Dedie juga melihat bekas ruang bawah tanah yang berada persis di bawah gedung tersebut. Dalam kunjungannya, Dedie ditemani para pejabat di KPP Pratama Kota Bogor dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta komunitas Bike Heritage. (sal/Ar)
Baca Juga  Teras Surken, Masih Ada

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *