Dispora Gelar Workshop Instruktur Olahraga dan Sosialisasi Senam Bogor Berlari

  • Whatsapp

BOGOR. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor menggelar Workshop Instruktur Olahraga sekaligus Sosialisasi Senam Bogor Berlari di Darmawan Park, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Kamis (18/11/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah secara langsung membuka kegiatan yang diikuti perwakilan perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota ( Bogor dan beberapa perwakilan masyarakat umum.

Menurut Syarifah, Senam Bogor Berlari menjadi ikon Kota Bogor. Untuk itu ia meminta agar senam tersebut dimasyarakatkan secara benar karena dapat mendukung pengukuran target Sport Development Index (SDI) Kota Bogor. Salah satunya berapa jumlah partisipasi masyarakat di dalam olahraga.

Sekda menyebutkan, untuk SDI meliputi empat dimensi yaitu ruang terbuka yang tersedia untuk tempat berolahraga, SDM dan ketenagakerjaan olahraga, partisipasi masyarakat serta derajat kebugaran jasmani.

Baca Juga  Pemprov Jabar Serahkan 370 Paket Sembako Bagi Warga Terdampak Pandemi

“Kami dan semua pihak memiliki tugas dalam mendukung dan meningkatkan kinerja daerah, olahraga bisa menjadi potensi dasar yang sangat baik. Selain itu juga dalam pendidikan dengan rutin dan rajin berolahraga para anak didik akan meningkatkan kinerja pendidikan yang baik. Suplai oksigen ke otak akan lebih lancar, sehingga membantu untuk lebih berkonsentrasi. Untuk bidang kesehatan sudah jelas, orang yang bugar pasti sehat sementara orang sehat belum tentu bugar,” paparnya.

Melalui rutin berolahraga kata dia, ada fungsi-fungsi sangat penting yang didapat oleh seseorang, mulai dari mengaktifkan otot dan stamina. Khusus di masa pandemi menjadi lebih dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas, meningkatkan perbaikan metabolisme, meningkatkan kesehatan otot dan otak serta menghindari dan mengurangi tingkat stres.

Baca Juga  Sebanyak 18.000 Murid lulusan SD di Kota Bogor Akan Memperebutkan Kursi Untuk Menjadi Siswa SMPN.

“Konsep lain olahraga bisa dimaknai dalam membangun karakter. Seorang atlet memiliki performa yang bagus, di antaranya disiplin, kerja sama, menghargai peraturan dan mampu mengambil keputusan di waktu yang sempit,” kata Syarifah.

Kepala Bidang Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Arman yang hadir menilai kegiatan workshop dan sosialisasi senam Bogor Berlari luar biasa.

Kemenpora saat ini berupaya mendorong masyarakat di daerah untuk segera melakukan aktivitas fisik disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhannya. Karena menurutnya, dengan olahraga atau aktivitas fisik dapat meningkatkan imunitas.

Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi menjelaskan, Senam Bogor Berlari terinspirasi dari senam Jabar Juara. Meski diakuinya sosialisasi yang dilakukan sempat terhambat pandemi.

Baca Juga  Dispora Kabupaten Bogor Bekali Tenaga Olahraga Tentang Permainan Hockey

“Alhamdulillah hari ini sosialisasi mulai bisa dilakukan. Untuk awal di lingkup Pemkot Bogor, selanjutnya ke sekolah melalui IGORA, masyarakat melalui sanggar-sanggar senam. Diharapkan Senam Bogor Berlari menjadi bagian dari senam yang biasa dilakukan warga Kota Bogor,” jelasnya.

Selain perwakilan perangkat daerah, peserta yang mengikuti sosialisasi senam Bogor Berlari berasal dari instruktur sanggar senam dan Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI).

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari 18-19 November 2021. Tidak hanya senam, para peserta juga diberikan materi lain berupa kesehatan dan gizi olahraga. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *