Pertama Kalinya, 47 Atlet ALTI Ikuti FORNAS VI

BOGOR. Sebanyak 47 atlet lari trail di bawah Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dari 10 provinsi, yaitu Sulteng, Jabar, Jateng, Bengkulu, DKI Jakarta, Sumsel, Banten, Jambi, Jatim, Sumut untuk pertama kalinya mengikuti kategori lomba 10K,20K dan 40K di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 di Sumatera Selatan, 4 Juli 2022.

FORNAS dibuka Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (1/6/2022).

Ada sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena pandemi Covid -19 ini.

FORNAS VI kali ini mempertandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan, serta ditambah 14 cabang olahraga eksibisi sehingga total menjadi 64 cabang olahraga (cabor).

Baca Juga  Musrembang Bogor Utara 2024, Bima Arya Titip Pesan Penataan Kota Sudah On The Track

Menpora Zainuddin Amali menyatakan, FORNAS kali ini menjadi momentum penting untuk mewujudkan industrialisasi pada olahraga rekreasi.

“Olahraga masyarakat memang mungkin saja belum populer dibandingkan olahraga prestasi. tapi sejatinya bicara keolahragaan maka meliputi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum ALTI, Bima Arya berencana memadukan olahraga lari trail dengan wisata. Dia ingin memasyarakatkan, mempopulerkan olahraga lari trail, juga bersinergi dan berkolaborasi, masuk di rekreasi dan wisata, bisa ikut kampanye lingkungan hidup.

Pos terkait