Mendagri : FKUB Berperan Penting Dalam Penyelesaian GKI Yasmin

GKI

SANGA.ID. Seremoni peresmian tempat ibadah GKI Pos Pengadilan Bogor Barat oleh Menkopolhukam Moh Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bogor Bima Arya serta Ketua Komnas HAM Atnike Nova menjadi simbol dari penyelesaian berbagai persoalan yang telah berlangsung selama 15 tahun.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, peresmian GKI Pos Pengadilan Bogor Barat juga tak lepas dari peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang mampu menjadi penengah dan meredam potensi pecahnya konflik.

“FKUB yang aktif, rutin melaksanakan program komunikasi dan silaturahmi sehingga mampu mengelola potensi konflik yang ada agar tidak terjadi perpecahan sehingga mampu menyelesaikan persoalan. Kalau yang jarang bertemu, responsif ketika ada persoalan atau perpecahan. Kuncinya adalah kepala daerah untuk menganggarkan bagi program kegiatan FKUB karena kalau sudah ada perpecahan, ‘harga’ yang dibayar itu mahal dan tinggi sekali, perih melihatnya,” kata Tito.

Baca Juga  AIS Gelar Donor Darah di Bogor, Dedie Rachim : Kepedulian Dalam Kemanusiaan

Mendagri berharap agar jemaat gereja GKI Pos Pengadilan Bogor Barat mampu beradaptasi dan berakulturasi dengan warga serta lingkungan sekitar dan menghindari ekslusifitas.

Terakhir Tito menyampaikan, berhasilnya GKI Pos Pengadilan Bogor Barat menunjukkan kerja keras yang sangat luar biasa dan tidak pernah berhenti dari seorang Bima Arya yang akan menjadi catatan sejarah dan jejak digital bahwa Bima Arya adalah tokoh pluralisme yang berani dan mampu menginspirasi bagi kepala daerah lain.

Pos terkait