Dua Kelompok Tani Dapat Bantuan Pompa Air, Hery Antasari Dorong Kemandirian Pangan

Tani

SANGA.ID. Dua kelompok tani di Kota Bogor mendapatkan hibah bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan dalam program pompanisasi sawah tadah hujan.

Kelompok Tani yang menerima bantuan yakni Kelompok Tani Dewasa (KTD) Karya Tani Mandiri, Kelurahan Situ Gede dan Kelompok Tani Subur Makmur, Kelurahan Pasir Jaya.

Dengan adanya pompa ini, Endang Perwakilan dari KTD Karya Tani Mandiri optimis bisa meningkatkan hasil panen dan indeks penanaman. Sebab, biasanya dalam setahun ia bersama KTD Karya Tani Mandiri hanya bisa menanam satu hingga dua kali jika cuaca mendukung.

“Air ada tapi tidak sampai ke sawah kami, karena memang alirannya kecil. Jadi ketika curah hujan tinggi itu yang jadi andalan, tapi jika musim kemarau ya tidak bisa menanam, dipaksakan menanam juga tidak maksimal karena sawahnya kekeringan,” katanya usai menerima hibah bantuan, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga  Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari Kembali Ingatkan Netralitas ASN

Dengan adanya hibah bantuan pompa air ini ia optimis bisa meningkatkan hasil panen dan indeks penanaman hingga dua sampai tiga kali dalam setahun.

“Mudah-mudahan tercapai, karena ini memang cita-cita untuk meningkatkan penanaman dan hasil panen. Jadi ketersediaan pangan juga kan bisa meningkat,” ucapnya.

Hibah bantuan pompa air ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Kementan dengan TNI, tentang Dukungan Pelaksanaan Pembangunan Pertanian guna mempercepat peningkatan produksi dan mengembalikan swasembada pangan dalam memperkuat pertanian guna menghadapi dan antisipasi terhadap dampak El Nino.

Pos terkait