Tirta Pakuan Kota Bogor Gelar Sosialisasi GCG dan Kick Off Program 2022

  • Whatsapp

BOGOR. Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menggelar Sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) dan Kick Off Program 2022 di IPB International Convention Center (IICC) Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (12/1/2022). Acara GCG dan Kick Off Program 2022 ini dibuka langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Dalam kesempatan itu, Bima Arya menyatakan, ada tiga penyakit klasik BUMD di Indonesia, yakni kepentingan, kapasitas dan prinsip kebijakan,” ujar Bima Arya mengawali sambutan.

Pertama kata dia, persoalan kepentingan, yakni bukannya melayani publik, tapi melayani kepentingan politik, kelompok tertentu bahkan kepala daerah. Direksinya mungkin pintar dan visioner namun tunduk pada kepentingan.

“Kepala daerahnya minta apa walaupun bertentangan dengan GCG tetap dilakukan. Banyak di daerah seperti itu. Dirutnya jenius, jam terbang tinggi tapi kalau ada hutang budi ya selesai,” katanya.

Baca Juga  Halal Bihalal UIKA, Bima Arya Singgung Tiga Pilar Kembangkan Kota

Kedua berbicara kapasitas, ketika yang diakomodir orang-orang merupakan mereka yang tidak mempunyai kemampuan memimpin manajemen dan tidak mempunyai kemampuan governance ini menjadi persoalan. Di sisi lain, kadang-kadang yang dipimpinnya berkarir panjang di BUMD sudah puluhan tahun, namun ‘anak kemarin sore’ yang tidak punya kapasitas, tidak punya pengalaman apa-apa naik menjadi direksi.

“Persoalan ketiga punya kapasitas namun berbeda prinsip kebijakannya. Sehingga membuat Dirut bingung menangkap arahnya, mana yang didahulukan pelayanan atau PAD-nya, kebocoran air dulu diatasi atau penambahan pipa, ini dosanya paling kecil tapi gak maksimal juga BUMD-nya,” sebutnya.

Pos terkait