HA IPB Luncurkan WIBASA, Ratusan Alumni Muda Siap Wirausaha

  • Whatsapp

BOGOR. Himpunan Alumni (HA) IPB melakukan peluncuran program Wiratani Bangun Desa (WIBASA) bersamaan dengan kegiatan Forum Silahturahmi Alumni (FSA) IX di IICC Botani Square Bogor pada Jumat (23/12/2022) sore. Peluncuran program ini didukung sepenuhnya oleh BSI Maslahat yang merupakan divisi pada Bank Syariah Indonesia.

‘“Program WIBASA merupakan program pendampingan bisnis bagi 300 orang alumni muda yang terpilih. Program ini akan berlangsung selama 24 bulan, dari memulai, menjalankan dan dan mengembangkan bisnis di kampung halaman asalnya, pada bidang pertanian dalam arti luas,”’jelas Ketua program WIBASA, Ivan Kuntara.

Dikatakan Ivan, program ini dilatarbelakangi dari hasil pendataan tim HA IPB yang menunjukkan potensi pengembangan ekonomi pertanian di desa cukup besar, karena produk pertanian adalah produk yang pertumbuhan konsumsi bisa dipastikan meningkat setiap tahun. Baik untuk kebutuhan domestic apalagi jika bisa diarahkan untuk pasar luar.

Baca Juga  Komisi II Dorong APBD 2023 Berpihak Kepada Koperasi dan UMKM

“Disadari pula bahwa manajemen pertanian yang efektif masih menjadi issue besar, masih belum dijalankan dengan baik oleh para petani. Apalagi sebagian besar sarjana baru IPB, yang sebenarnya mayoritas berasal dari daerah, lebih memilih untuk bekerja di kota besar.”kata Ivan.

Pos terkait