Inilah Sosok Dibalik Pembuatan Patung Kapten Muslihat

  • Whatsapp

BOGOR. Berlokasi di taman yang berada di pertigaan Jalan Merdeka dan Jalan Kapten Muslihat, terlihat jelas Patung dengan berbahan tembaga dengan gagahnya bertengger di atas lahan taman, inilah penampakan Patung Kapten Muslihat yang baru diresmikan oleh Walikota Bogor dan keluarga ahli waris tepat di Hari Wafatnya yaitu 25 Desember 2022.

Patung Kapten Muslihat dengan posisi menyerong menghadap istana, tangan kanan memegang pistol dan tangan posisi kiri menunjuk dan tatapan mata yang penuh kewibawaan.

Dibalik kesuksesan berdirinya kembali Patung Kapten Muslihat sebagai icon kebanggaan warga Bogor, ada sosok seorang penggagas yang senantiasa mendedikasikan pengabdian dan pelayanannya bagi masyarakat, adalah Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Dinas Perumkim Kota Bogor, Irfan Zacky Faizal.

Baca Juga  IMF Apresiasi Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 ke-3 di Bali

Dirinya menceritakan awal mula ide dan gagasannya pembuatan patung tersebut, bermula saat pembangunan Alun-Alun Kota Bogor itulah patung Kapten Muslihat terkena dampak dari konstruksinya dan otomatis harus di selamatkan keberadaannya.

” Secara kontur dan struktur dari patung itu awalnya kita gak tahu, dan ternyata setelah kita cek patung tersebut berbahan coran semen yang didalamnya kosong (kopong). Saat pemindahan kita menggunakan alat berat Crine dan sangat hati-hati sekali mengangkatnya, dan ternyata sudah retak di tangan sebelah kiri hingga patah karena faktor umur yang sudah sekian lamanya,” papar Irfan pada Minggu (25/12/22).

Usai dipindahkan ke area alun-alun menurut Irfan, awalnya patung tersebut akan diperbaiki yang sudah ditempatkan di box kontainer, ini juga sebagai pelurusan dari berbagai pemberitaan yang menyebutkan patung tergeletak di tempat sampah, yang betul adalah di box kontainer untuk mengangkut daun-daun.

Pos terkait