Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Resmikan 6 Lumbung Pangan Masyarakat

  • Whatsapp
H. Marwan Hamami

SANGA.ID. Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meresmikan enam Lumbung Pangan Masyarakat yang dikelola komunitas Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tunas Jaya Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap, Gapoktan Sinar Tani Desa Jampang Tengah Kecamatan Jampang Tengah, Gapoktan Tunas Bangsa Desa Bantarsari Kecamatan Pabuaran, Gapoktan Margamulya Desa Margaluyu Kecamatan Sagaranten, Gapoktan Rukun Warga Desa Cimahpar Kecamatan Kalibunder, Gapoktan Mitra Mandiri Desa Cikarang Kecamatan Jampang Kulon.

Peresmian tersebut dipusatkan di Gapoktan Tunas Jaya Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap. Yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Forkopimcam, Kepala Desa, serta tamu undangan lainnya. Pada hari Kamis 26 Januari 2023.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya mengatakan, pembangunan lumbung pangan ini merupakan wujud nyata kesungguhan pemerintah pusat hingga daerah yang berkomitmen untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan, cadangan pangan, dan aksebilitas masyarakat terhadap pangan.

Baca Juga  Dianggap Baik Penerapan KTR, Kemenkes Pilih Kota Bogor Jadi Pilot Project Dashboard KTR

“Ini adalah salah satu harapan Bapak Presiden RI untuk bisa menepis terjadinya resesi ekonomi global di tahun 2023, gapoktan yang di amanahi untuk mengelola lumbung ini harus dikelola dengan sungguh-sungguh, baik dari segi pengelolaan maupun perawatan supaya keutuhan mesin agar selalu terjamin” Terangnya.

Bupati menyebut, diprediksi harga pangan akan terus melonjak yang berakibat terjadinya inflasi, maka dari itu peran LPM harus terus tumbuh dan berinovasi terhadap kemajuan pertanian di daerah agar peran dan fungsinya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Saya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Camat dan Kepala Desa agar gapoktan untuk terus diawasi agar LPM bisa dikelola dengan baik sehingga bisa tumbuh dan berkembang demi mensejahterakan masyarakat melalui potensi pertanian yang kita miliki” Pintanya.

Pos terkait