Dalam Peringatan HPN 2023, Menpora Memastikan Pemilu dan PON Aceh-Sumut Berjalan Beriringan

Menpora

SANGA.ID. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali menegaskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Aceh-Sumut tetap dilaksanakan pada September 2024.

Kepastian ini ditegaskan Zainudin Amali saat membuka seminar olahraga dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu 8 Februari 2023. Dirinya juga memastikan PON akan dibuka pada 8 September 2024 mendatang.

“(PON) jadi atau tidak, saya tegaskan dan putuskan melalui rapat kabinet terbatas bersama Presiden pembukaannya tanggal 8 September 2024. Jadi, tidak ada perubahan apa-apa. Banyak orang bertanya, ada Pemilu apakah kegiatan-kegiatan lain tetap berjalan? Saya kira Pemilu berjalan, tetapi kegiatan sektor lain harus tetap berjalan,” ujar Zainudin Amali.

Baca Juga  Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Presiden AS Joe Biden

Zainuddin menilai jangan sampai pelaksanaan Pemilu 2024 mengganggu agenda sektor lain termasuk olahraga. Apalagi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa seluruh kompetisi olahraga harus berjalan dan tidak harus berkonsentrasi penuh kepada pelaksanaan Pemilu.

“Tidak boleh pikiran kita semuanya tertuju ke urusan Pemilu. Bahkan Presiden telah memberikan arahan kepada saya bahwa saat pemilu pun, kompetisi sepakbola Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 tetap harus jalan. Jadi, nggak boleh, seolah-olah urusan negara ini cuma Pemilu dan semua konsentrasi kita terpusat di situ. Urusan olahraga tetap jalan sekaligus ini relaksasi. Tegang-tegang pemilu, kita tetap nonton olahraga,” ujar Zainuddin.

Pos terkait