Pemenang Adinegoro 2022 Kategori Jurnalistik Cetak: Pengingat 135 Orang Kehilangan Nyawa

135

 

SANGA.ID.  Farid S. Maulana lewat karya tulisannya berjudul ‘Jangan Sampai 135 Nyawa Cuma Jadi Angka: Pengingat dari Lagi, Mural, dan QR Art’ berhasil terpilih meraih piala Adinegoro 2022 untuk Kategori Jurnalistik Cetak.

Karya terbaiknya itu menjadi headline Jawa Pos edisi 10 November 2022, yang bertepatan peringatan Hari Pahlawan. Apa yang melatari Farid hingga tercetus mengambil peristiwa berdarah malam 1 Oktober 2022 di Kota Malang, Jawa Timur?

Dalam seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 yang digelar di Ballroom Grand Mercure, Medan, Selasa (7/2/2023), Farid pun membaginya secara gamblang.

“Ada sebuah tragedi yang memakan korban sampai 135 orang di (event) sepakbola, jadi saya masih berpikir apa ya, saya berpikir ada sosok Iwan Fals yang mengeluarkan lagu Kanjuruhan, ada musisi Malang, Iksan Skuter yang kemudian mengambil Oktober Hitam, jadi saya ingin mengumpulkan itu,” ulas Farid mengawali.

Baca Juga  Bakti Sosial HPN 2023: Bulog Salurkan Bantuan Beras untuk Pencegahan Stunting

Menurutnya, dua karya tersebut cukup untuk dijadikan pengingat monumental kelak nanti, puluhan atau ratusan tahun ke depan, bahwa pernah terjadi tragedi mematikan di negeri tercinta ini. Street art juga dinilainya berperan penting karena di Kota Malang, tragedi ini perlahan sedikit terkikis dengan banyaknya kegiatan sepakbola sudah berjalan.

Pos terkait