Bogor Innovation Award, Bima Arya : Inovasi Memberikan Manfaat, Lahirkan Generasi Inovatif

Bogor

SANGA.ID. Festival Inovasi Kota Bogor menghadirkan berbagai inovasi dari para nominator Bogor Innovation Award (BIA) 2023 yang digelar di Bogor Creative Center (BCC), Jumat (31/8/2023). Lahirnya para inovator Kota Bogor pada ajang BIA 2023 ini harus memberikan manfaat sehingga tidak hanya memunculkan eksistensi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan bahwa inovasi merupakan kombinasi antara motivasi, mindset dan konsistensi. Motivasi akan muncul dari sebuah keinginan, kemauan, ide dan gagasan yang dikombinasikan dengan mindset dan konsistensi.

“Kalau motivasi tinggi tapi mindsetnya salah gak bisa. Mindsetnya harus open mindset bukan fix mindset, berpikir secara terbuka, senang diskusi jangan mau menang sendiri, terus baca, terus belajar. Tapi walaupun ada motivasi kemudian mindsetnya terbuka, tapi enggak konsisten akan mudah menyerah, gambling, labil. Jadi tiga kombinasi itu harus dijaga,” katanya.

Baca Juga  Buka Rapimnas Kadin, Presiden Minta Kadin Detailkan Implementasi Transformasi Ekonomi di Lapangan

Tahun ini peserta BIA mengalami peningkatan dua kali lipat. Artinya kata Bima Arya, bahwa apa yang dilakukan Pemkot Bogor melalui Bappeda berjalan on the track sehingga semakin banyak yang termotivasi.

“Insya Allah Kota Bogor akan jadi kota paling terinovatif di Indonesia, melahirkan generasi yang lebih inovatif. Kita motivasi terus, kita kembangkan lagi dan bisa terus berikan manfaat,” jelasnya.

Karena kata Bima Arya inovasi harus memberikan manfaat, sehingga tidak hanya memunculkan eksistensi.

“Seperti Inovasi Rubo Rusa Bogor, inovasi terbaru yang lahir melalui sayembara dan riset. Dan juga memberikan manfaat. Ada UMKM yang menerima manfaat mendapat untung dari mencetak si Rubo. Ada hodie, sepatu, kaos, jaket dan lain-lain. Itu inovasi yang memberikan manfaat bukan eksistensi,” katanya.

Pos terkait