Lawatan ke Vietnam, PWI bahas Tantangan Media dengan VJA

PWI

SANGA.ID. Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Wakil Ketua Vietnam Journalists Association (VJA) Nguyen Duc Loi, Hanoi, Vietnam, Senin (22/4). Tantangan pers menjadi perbincangan hangat.

Dalam pertemuan kedua delegasi, turut dibahas berbagai tantangan media di kedua negara. Dua isu hangat yang dibahas dalam diskusi adalah, terjadinya penurunan bisnis media dan konsumsi informasi yang didapat masyarakat bergeser ke sosial media.

Duc Loi menjelaskan, pers berada dalam arus perkembangan pers dunia, koran cetak produksinya turun begitu juga dengan koran elektronik. Saat ini masyarakat Vietnam mulai mendapatkan informasi dari berbagai bentuk media, khususnya media sosial. Hal ini berdampak pada penurunan bisnis media.

Baca Juga  Di Muskomwil 1 Banda Aceh, Bima Arya Sampaikan Catatan APEKSI untuk Pemerintah Pusat

“Sumber pendapatan turun drastis. Sekarang ini seperti kita ketahui pendapatan iklan banyak yang masuk ke media siber dan media sosial,” tegasnya.

Duc Loi menegaskan, mayoritas media-media di Vietnam terus beradaptasi dengan perkembangan digital. Sekarang ini, seluruh media lokal di Vietnam sudah memiliki akun media sosial sendiri untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan mendukung perkembangan medianya.

Pos terkait