150 Peserta Dari Berbagai Negara Ikuti PGB Bangau Putih Internasional Retreat 2023

PGB

SANGA.ID. Bertepatan dengan 70 tahun usia Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih, organisasi silat tradisional menggelar “PGB Bangau Putih Internasional Retreat 2023” pada 26 Juli hingga 3 Agustus 2023 di Taman Bukit Palerm Resort, Jl. Ciherang Satim, Pancawati Kabupaten Bogor.

Mengusung tema “Light Tomorrow with Today, Kesadaran dan Kewajiban”, sekitar 150 peserta datang dari berbagai negara antara lain Amerika, Kanada, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, Arab Saudi dan tentunya para anggota yang tersebar di Indonesia.

PGB Bangau Putih International Retreat merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh perguruan PGB Bangau Putih sejak 1993. Tahun ini kembali hadir setelah sempat saat kondisi dunia mengalami pandemi Covid-19.

Baca Juga  DPRD Kota Bogor dan KADIN Kota Bogor Siapkan Iklim Usaha Sehat

“Alhamdulillah tahun ini anggota dari berbagai penjuru dunia dapat kembali berkumpul, berlatih bersama, saling bertukar keilmuan dan berdiskusi di acara ini,” ujar Jimmy Charter, Ketua Umum Dewan Keorganisasian Pusat PGB Bangau Putih.

Jimmy menyebutkan, tradisi PGB Internasional Retreat ini tidak hanya dilakukan di Indonesia.

“Retreat ini juga biasa dilakukan setiap dua tahun sekali di negara masing-masing dimana retreat tersebut disebut dengan Retreat Lokal,” jelasnya.

Sedangkan PGB Bangau Putih International Retreat ini dilakukan setiap 4 tahun sekali di Indonesia.

Lebih jauh Jimmy memaparkan, melalui tema yang dipilih tahun ini, diharapkan para anggota PGB Bangau Putih memiliki kesadaran lebih mendalam akan keilmuannya sehingga bisa bermanfaat lebih bagi masyarakat dan dapat berkontribusi positif dalam menciptakan kondisi dunia menjadi lebih baik.

Baca Juga  Bye Fest 2023, Bahagiakan Warga Tingkatkan Perekonomian UMKM

Dalam kegiatannya nanti, anggota PGB Bangau Putih akan mengikuti berbagai materi acara diantaranya silat, tao kung dan meditasi.

“Untuk silat, selain teknik-teknik bela diri dalam latihan silat, peserta juga diajarkan untuk lebih mengenal tubuh dan bagaimana pikiran bertanggung jawab atas olah tubuh dan gerak tubuh,” urainya.

Sedangkan materi Tao Kung akan berfokus pada masalah kesehatan.

Pos terkait