Tim Verifikasi STMB Pilar 1 Tingkat Jawa Barat  ke Kota Bogor

STMB

SANGA.ID. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menerima tim Verifikasi STMB (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Pilar 1 Tingkat Jawa Barat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Kamis (5/10/2023).

Dedie Rachim mengatakan, berdasarkan gambaran yang ada, masih banyak pekerjaan rumah harus diselesaikan. Ia mengusulkan agar intervensi dalam BABS di Kota Bogor tidak hanya berupa infrastruktur, tetapi juga dalam bentuk edukasi dan pemahamanan bagi masyarakat agar muncul kesadaran. Sebab, persoalan kesejahteraan sosial setelah didalami tidak hanya miskin secara fisik, tetapi juga mental.

“Saat paparan verifikasi hasil temuan di lapangan, terlihat rumahnya lumayan bagus dengan lahan yang cukup memadai, tetapi secara mentalitas masih semi, antara masyarakat perkotaan dengan agraris, khususnya di wilayah-wilayah tertentu. Ini yang banyak kita jumpai, masih banyak gap mentality yang perlu didorong dengan berbagai cara,” katanya.

Baca Juga  BCA tiket.com Travel Fair 2023 Pertama Digelar, Ayo Datang, Dibantu Pesan, Siap Liburan!

Dalam pendekatan sambung Dedie, tidak hanya terkait ODF tetapi juga tentang perilaku serta mengajak pihak lain agar memberikan edukasi dari sisi lain. Di antara pihak yang diusulkan adalah melibatkan MUI untuk menghadapi tantangan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pembangunan perilaku dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang kotoran sembarangan.

Pos terkait