Kota Bogor Kembangkan 6 Aspek Smart City Bersama Green dan Heritage City

Smart

SANGA.ID. Kota Bogor sebagai kota pintar atau Smart City terus melakukan upaya pengembangan melalui enam aspek atau indikator penerapan Smart City.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa keenam aspek Smart City yakni Smart Economy, Smart Environment, Smart Living, Smart Mobility, Smart People, Smart Government.

Bersamaan dengan Smart City, Kota Bogor juga memiliki konsep Green City dan Heritage City yang ketiganya berjalan beriringan.

Smart City pada aspek Mobility, yang sinkron dengan konsep Green City adalah upaya penataan sistem transportasi yang disinergikan dengan tiga proyek strategis nasional di Kota Bogor, yakni Bogor Outer Ring Road (BORR), Double Track Bogor-Sukabumi yang direncanakan akan berlanjut hingga Yogyakarta dan perencanaan Light Rail Transit (LRT) hingga Kota Bogor.

Baca Juga  Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Arifin Panigoro

“Dari tiga proyek strategis nasional ini Kota Bogor harus antisipasi untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kita sinergikan proyek strategis nasional ini dengan transportasi modern baru efisien yang namanya trem,” kata Dedie Rachim saat menjadi keynote speaker diskusi publik Smart City Talk, yang digelar Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) di IPB International Convention Center (IICC), Kamis (25/1/2024).

Dengan konsep itu, lanjut Dedie Rachim, pola mobilty masyarakat akan sejalan dengan konsep Smart City yang juga masuk ke dalam Smart People.

Pos terkait