Kelurahan Ciparigi Menerima Bio Septic Tank Ramah Lingkungan Untuk Pengentasan ODF

Kelurahan

SANGA.IDKelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jumat (26/1/2024) sore, menerima Corporate social responsibility (CSR) dari PT PAL JAYA ABADI berupa lima unit Bio Tangki Septic untuk penganan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Berbeda dari Bio Septic Tank pada umumnya, Bio Septictank yang diproduksi oleh PT PAL JAYA ABADI ini sebagian menggunakan bahan dasar sampah plastik bekas pakai yang kemudian didaur ulang menjadi bahan material pembuatan tangki septic.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah didampingi Camat Bogor Utara, Riki Robiansyah secara simbolis menerima langsung CSR tersebut.

Penggunaan Tangki septic berbahan dasar sampah plastik bekas pakai ini lanjut Sekda, sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi sampah untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga  Rapat Forkopimda Dengan Budayawan, Atang : “Sikap DPRD Tetap Sama Terhadap Glow

Sehingga selain sebagai upaya mengentaskan ODF, tangki septic ini juga ramah lingkungan dalam upaya pengurangan sampah.

Mengenai ODF, lanjut Sekda 68 kelurahan di Kota Bogor seluruhnya sudah deklarasi komitmen bebas ODF sehingga tidak lagi buang air besar sembarangan, namun untuk itu tetap perlu dilakukan pembuatan septik tank bagi rumah-rumah yang belum memiliki septic tank atau WC.

Pos terkait