Sekda Syarifah Ingatkan Antisipasi dan Tanggulangi TBC Dengan Aksi Geulis

Sekda

SANGA.ID. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengingatkan aparatur wilayah dan puskesmas untuk mengantisipasi dan menanggulangi TBC atau tuberkulosis dengan inovasi Aksi Geulis (Akselerasi Gerakan Eliminasi Tuberkulosis).

“Menjadi kewajiban kita untuk mengkoordinasikan semua unsur masyarakat sebagai antisipasi jangan sampai menunggu kondisinya menjadi lebih buruk. Hari ini kita khusus membahas tentang TBC, kita tidak bisa santai karena kasus kota Bogor tertinggi di Jawa Barat dan Jawa Barat tertinggi di Indonesia. Ini harus kita tangani dan tanggulangi,” kata Syarifah saat rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor penanggulangan TBC di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Rabu (28/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut Syarifah menjelaskan, TBC bisa sembuh dengan cara minum obat secara rutin selama 6 bulan tanpa berhenti. Sebagai informasi dalam menangani dan mengobati satu orang penderita TBC, dibutuhkan Rp 250 juta selama satu tahun hingga sembuh. Sedangkan untuk satu pasien Covid-19 hanya Rp 100 juta dalam satu tahun.

Baca Juga  Kepala BNN RI Resmi Membuka The 45TH Meeting Of Honlap, Situasi Narkotika Global Dan Regional Penuh Tantangan

Pos terkait