Ini Janji Menkes RI Budi Gunadi Sadikin Saat Meresmikan Gedung Baru RSUD Kota Bogor

  • Whatsapp

SANGA.ID. Mentri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Walikota Bogor Bima Arya meresmikan gedung baru RSUD Kota Bogor, Kamis (19/1/2022). Dalam peresmian itu, Menkes RI Janjikan RSUD Kota Bogor dapat bantuan alat medis Cath Lab.

Lebih lanjut Mentri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bantuan alat medis itu dikarenakan maraknya tiga penyakit di Indonesia yang menyebabkan kematian. Ketiga penyakit itu, stroke, jantung dan kanker.

“Berdasarkan data yang tercatat di Kementrian Kesehatan, sebanyak 350 ribu orang di Indonesia terkena stroke. Sebanyak 60 persen dari jumlah itu mengalami kematian setiap tahunnya. Dan 20 persennya mengalami cacat.”ungkapnya.

Baca Juga  PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Selain itu, sambung dia, sebanyak 12 ribu bayi setiap tahunnya membutuhkan layanan operasi. Namun hanya 6000 bayi di Indonesia yang beruntung mendapatkan layanan itu. Sementara sisanya, tidak dapat tertangani lantaran keterbatan alat kesehatan dana dokter spesialis.

“Untuk menangani persoalan itu, Kemenkes akan melengkapi 500 kabupaten dan kota dengan alat cath lab. Salah satunya yang akan diprioritaskan RSUD Kota Bogor,” terang Budi dalam sambutannya saat peresmian gedung blok I dan IV.

Namun demikian, pria kelahiran Kota Bogor ini, meminta agar alat Cath Lab yang akan diberikan nanti kepada RSUD Kota Bogor, tidak hanya diperuntukan untuk para pengidap penyakit jantung, namun juga untuk penyakit stroke.

Pos terkait