9 Kota di Indonesia Jadi Percontohan Kota Ramah Keluarga

  • Whatsapp

SANGA.ID. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor menjadi narasumber utama dalam pelatihan kota ramah keluarga pada program Kota Kita Ramah Keluarga yang digagas oleh APEKSI bekerjasama dengan Demi Kita di Hotel Bigland Bogor, Selasa (24/1/2023) malam.

Kerja sama antara APEKSI dan Demi Kita yang merupakan start up pertama di Indonesia yang fokus pada
isu-isu strategis keluarga ini dilakukan dengan penandatanganan MoU untuk menjalankan program Kota Kita Ramah Keluarga.

Ada 9 kota percontohan yang ikut serta dalam mendukung kota ramah keluarga, yakni Bogor, Metro, Tangerang Selatan, Pekalongan, Depok, Banjarmasin, Makassar, Ternate dan Palu.

Baca Juga  Di Kota Bogor Ada Kampung Durian Rancamaya

Di awal paparannya, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya lebih dulu menceritakan sebuah cerita pemberani yang dilakukan oleh seorang anak SMP bernama Alfin (14) yang membuka jalan untuk pemadam kebakaran kembali siaga. Di usianya itu kata Bima Arya, Alfin sudah memiliki pemikiran yang berani untuk membantu dan menolong. Diketahui Alfin juga merupakan anak yang sayang terhadap keluarganya dan rela berkorban untuk keluarganya.

“Saya takjub sekali, anak ini memiliki cita-cita besar,” kata Bima Arya.

Selanjutnya Bima Arya juga menceritakan tentang aktivitas pemuda Pandawara yang turun untuk membersihkan sampah yang sangat menginspirasi.

“Anak-anak muda, anak-anak tanggung itu mereka turun bersihin sampah, ketika ditanya ngapain, dijawab rumahnya sering kebanjiran. Terus mereka cek ternyata sampah menumpuk. Hebatnya mereka nggak ngomel, nggak maki-maki di medsos tapi mereka turun ngebersihin aja, eh viral,” ujarnya.

Pos terkait