Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur Lampung Sampai ke New York

Pesawaran
Membentangkan wastra sulam jelujur bersama tim juri. Ki-ka: Agus Dermawan T, Yusuf Susilo Hartano, Bupati Dendi Ramadona, Nungki Kusumastuti, Atal S. Depari, dan Ninok Leksono. (Foto: Malik AKPWI)

SANGA.ID. Bupati Pesawaran H Dendi Ramadhona K., S.T, M.Tr.I.P, membawa sulam jelujur dari Kabupaten Pesawaran ke Pekan Mode New York pada 11 September 2022. Pekan Mode New York atau New York Fashion Week adalah salah satu dari empat besar pekan mode yang diselenggarakan di seluruh dunia, selain Pekan Mode Paris, London, dan Milan.

Pekan Mode New York diselenggarakan pada bulan Februari dan September setiap tahunnya di New York City, Amerika Serikat. Pekan mode yang awalnya disebut “Press Week” ini mulai diselenggarakan tahun 1943 saat Perang Dunia II sedang meletus. Kini Pekan Mode New York telah menjadi kiblat mode dunia di samping Paris, London, dan Milan.

Baca Juga  Dedie Rachim Akan Ambil Peran di Teater Jam 12 Malam Dasimah

“Pemerintah Daerah Pesawaran mengenalkan produk kerajinan sulam jelujur pada event New York Fashion Week dengan tema Sang Dewi,” kata Bupati Dendi dengan bangga di depan Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 di Kantor PWI Pusat, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Dendi terpilih menerima anugerah tersebut.

“Sang Dewi adalah sebuah dedikasi terhadap pengrajin sulam jelujur Pesawaran di Desa Sungai Langka yang mayoritas pengrajinnya adalah perempuan. Mereka tangguh dalam menghadapi sebuah kondisi dan keadaan yang mereka alami. Para wanita itulah menjadi simbol Sang Dewi,” jelas Bupati.

Saat tampil di Pekan Mode New York itu desainer Ariesmansyah membawa 12 desain sulam jelujur dengan tema Sang Dewi.

Baca Juga  JKPI, Perpusnas dan ANRI Jalin Kerja Sama Kelola Dokumentasi dan Arsip

Di depan tim juri, Bupati Dendi mengajak Ariesmansyah ikut serta bersama stafnya. Dendi juga memamerkan sejumlah produk sulam jelujur di depan juri.

Sulam jelujur terus terbang tinggi. Usai Pekan Mode New York, sulam jelujur dipamerkan di Ocean City Gift Expo di Washington DC, lalu ikut tampil di panggung Dubai Fashion Week.

Sulam jelujur mulai tampil di panggung di dunia internasional sejak tahun 2018. “Tahun 2018 ada kerja sama dengan Negara Belanda berkaitan dengan sulam jelujur. Motif sulam jelujur dipajang di Bandara Internasional Netherlands, Museum Tekstil Netherlands, dan Stasiun Metrohal Netherlands,” kata Bupati Dendi.

Pos terkait