700 Atlet Ikuti Spartan Taekwondo Championship 2023 di GOR Gala Tangkas Pakansari

Taekwondo

SANGA.ID. Lebih dari 700 orang atlet menjadi bagian dari peserta “Spartan Taekwondo Championship 2023” di GOR Gala Tangkas Pakansari, Cibinong, Bogor pada Sabtu (3/6/2023).

Kejuaraan taekwondo setingkat nasional ini memperebutkan Piala Kemenpora RI yang diikuti oleh antar unit dari 5 Provinsi yaitu Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Juara Umum 1, 2 dan 3, Atlet Terbaik dan Pelatih Terfavorit mendapatkan piala dan uang pembinaan. Sementara untuk Juara 1, 2 dan 3 mendapatkan medali emas, perak dan perunggu beserta piagam penghargaan.

Diselenggarakan oleh Spartan Manajemen bekerjasama dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat dan Pengurus Daerah Kabupaten Bogor, kejuaraan dimaksudkan untuk mengambil peran dalam pembinaan bibit atlet.

Baca Juga  Gelar Raker Dengan Dishub, Komisi III Bahas Wacana Trem di Kota Bogor

Ketua Panitia, Arief Gandi menyebutkan kejuaraan ini merupakan upaya untuk mendorong dan membantu pembinaan atlet taekwondo dalam Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yang diharapkan mampu memunculkan atlet yang siap berkompetisi.

“Banyaknya kejuaraan yang diselenggarakan, akan membantu sistem pembinaan yang dimiliki PBTI berjalan dengan sangat baik, karena pembinaan telah dimulai sejak usia dini hingga dewasa melalui pertandingan atau kejuaraan-kejuaraan sebagai ajang evaluasi hasil latihan para atlet,” ungkap Arief.

Pria yang biasa disapa Agan itu menjelaskan, Sparta Taekwondo Championship 2023 mempertandingkan jenis Kyorugi dan Poomsae yang mengacu pada World Taekwondo Competition Rules untuk memastikan keseragaman, keselamatan dan keadilan dalam pertandingan.

Kelas Kyorugi Pemula terdiri dari kategori Pra Cadet A 6-7 tahun (DSS), Pra Cadet B 8-9 Tahun (DSS), Pra Cadet C 10-11 tahun (DSS), Cadet Pemula 12-14 tahun (DSS) dan Junior Pemula 15-17 tahun (DSS).

Baca Juga  Forum Pembauran Kebangsaan Kota Depok Gelar Sosialisasi di Kelurahan Pasir Gunung Selatan

Sedangkan untuk Kyorugi Prestasi diperlagakan kategori Cadet 12-14 tahun (PSS), Junior 15-17 tahun (PSS), Senior 18-25 tahun (PSS) dan Full PSS.

Sebanyak 66 unit menurunkan anggotanya untuk mengikuti pertandingan jenis Kyorugi, sedangkan peserta Poomsae berasal dari 69 unit di 5 lapangan pertandingan yang disiapkan penyelenggara.

Pos terkait