Doktor Lulusan Terbaik Dan Tercepat Dari BSIP Kementan

Doktor

SANGA.ID. Dr. Wage Ratna Rohaeni, SP. MSi berhasil mengukir prestasi dengan menjadi wisudawan Program Doktor terbaik di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan IPK 4.00. Tak hanya itu, masa studinya ditempuh selama 23 bulan dan menghasilkan 3 publikasi internasional dan nasional.

“Mampu lulus selama 23 bulan mungkin agak gila dan tidak mudah untuk mahasiswa dengan jenis penelitian di lapang dan laboratorium,” ungkap Ratna melalui keterangan tertulis pada Rabu (11/10/2023).

Saat ini, Ratna bekerja di Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Padi (Ex. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi), Badan Standarisasi Intrumen Pertanian (BSIP) – Kementerian Pertanian. Ia bekerja sebagai Pemulia Padi terutama untuk Padi Biofortifikasi Zn, Green Super Rice, dan tadah hujan.

Baca Juga  Akses Jalan Akan Dibuka, Pemkot Bogor Tandangani MoU Dengan Pihak Swasta

Ratna juga bergabung sebagai Praktisi Pengajar Kemenristek Dikti untuk Bidang keahlian Pemuliaan. Sebelumnya, ia lulus S1 Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih dan melanjutkan S2 Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman di IPB.

“Memilih Program Doktor Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman merupakan tuntutan profesi sebagai scientist dan pemulia padi. Menjadi pemulia adalah passion yang sudah mendarah daging dan membiru jiwa,” ungkap Ratna.

Ratna mengisahkan, awal masuk studi sebagai Angkatan 2021 IPB University saat situasi pandemi Covid-19, semua serba online dan bimbingan dengan komisi pembimbing sangat terbatas. Namun Ratna tidak menyia-nyiakan amanah sebagai petugas belajar dari beasiswa Litbang BSIP, Kementan.

Ratna mengaku sangat mencintai dunia pemuliaan padi khususnya untuk padi-padi bernutrisi Zn tinggi karena akan sangat bermanfaat untuk menjadi salah satu teknologi pilihan untuk program pencegahan stunting nasional. “Rasa cinta tersebut membuat saya sangat enjoy menjalani studi dan riset,” tuturnya.

Pos terkait