ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Qur'an

SANGA.ID. Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan, termasuk untuk para kaum disabilitas. Sejak lama para ulama sudah mengembangkan Al Qur’an Braille untuk para penyandang tuna netra. Namun adakah Al Qur’an khusus bagi penyandang disabilitas tuna rungu atau tuli?

Setidaknya menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 di Indonesia ada lebih dari 4,9 juta jiwa penyandang disabilitas tuna rungu.

“Bila mengacu pada jumlah persentase umat Islam di Indonesia setidaknya ada lebih dari 4,5 juta penyandang disabilitas adalah muslim. Ini menjadi perhatian ESQ Kemanusiaan untuk menggagas kebutuhan khusus terutama dalam penyediaan fasilitas ibadah khususnya Al Qur’an dengan design khusus yang mudah difahami para penyandang disabilitas tuna rungu,” ujar Ketua Umum ESQ Kemanusiaan, Lea Sri Endari, Rabu (27/3).

Baca Juga  Raker Komisi III Dengan Dishub Kota Bogor, Bahas Evaluasi Kinerja dan Renja Dishub Kota Bogor

Karenanya ESQ Kemanusiaan terus berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk merealisasikannya. “Salahsatu mitra strategis kami dalam program wakaf Qur’an isyarat ini adalah Indonesia CARE,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda Lea tersebut.

Pos terkait